Minggu, 24 April 2011

7 Gempa Bumi Terdahsyat Di Dunia

Add url

 

 

Gempa bumi dapat terjadi kapan saja, terhadap siapa saja dan ketika gempa tersebut terjadi dengan kekuatan besar, aktivitas seismik tersebut dapat menghancurkan sebuah kota dalam hitungan detik dan mengakibatkan banyak korban. Hal ini menunjukkan bahwa manusia sekalipun tidak berdaya terhadap berbagai aktifitas bumi

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter yang baru-baru ini terjadi di Christchurch telah menghancurkan kota tersebut. Banyak orang ditakutkan hilang karena tertimpa reruntuhan bangunan dan juga puluhan orang dikabarkan meninggal dan luka-luka.
Selain gempa di Christchurch, Inilah 10 Gempa Bumi Terdahsyat Didunia:
1. Haiti 2010
Gempa berkekuatan 7,0 skala Richter yang mengguncang Haiti tahun 2010 yang lalu akan selalu diingat karena mengakibatkan kerusakan yang besar dan banyak banyak penduduk Haiti harus kehilangan tempat tinggalnya.
Ribuan orang tertimbun dan meninggal dibawah runtuhan gedung-gedung di Port-au-Prince yang menjadi pusat dari bencana tersebut. Para pengungsi terpaksa berada di jalanan dengan kabel -kabel listrik dan jaringan komunikasi yang turut rusak dan beberapa dari mereka meninggalkan kota Port-au-Prince untuk mengungsi ke kota lainnya. Akibat bencana ini, diperkirakan 3 juta orang menjadi korban dan korban yang meninggal mencapai 316.000 jiwa.
2. Iran 2003
Gempa berkekuatan besar yang terjadi di Iran tahun 2003 yang lalu telah menewaskan sebanyak 20.000 orang yang ada di kota Bam. Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter tersebut membuat kota tersebut hancur termasuk 2 rumah sakit yang ada di kota tersebut. Pada bulan Januari 2004, PBB memperkirakan rekonstruksi kota tersebut memakan dana sekitar 700 juta dollar AS - 1 Milliar dollar Amerika Serikat. 
3. Kashmir 2005
Kashmir hampir hancur akibat gempa berkekuatan 7,6 skala Richter yang mengguncang 3 wilayahnya dan juga Muzaffarabad yang mengalami kerusakan terparah. Gempa tersebut mengakibatkan 75.000 orang meninggal, rumah-rumah hancur dan mengakibatkan masyarakat kehilangan tempat tinggalnya.
4. Meksiko 1985
Pada tahun 1985, gempa berkekuatan 8.1 skala Richter mengguncang pantai pasifik negara Meksiko dan mengakibatkan kerusakan dengan total lebih dari 4 juta dollar AS serta menewaskan 10.000 warga Meksiko akibat gedung yang runtuh. Ibukota negara Meksiko yang terletak di sekitar pusat gempa tersebut juga tidak luput dari kerusakan.
5. Italia 2009
Gempa berkekuatan 5,8 dalam skala Richter yang terjadi di Italia tahun 2009 yang lalu merupakan gempa terburuk yang terjadi di Italia setelah tahun 1980. Gempa tersebut menewaskan 308 orang dan menghancurkan berbagai bangunan tua maupun baru di kota tersebut, salah satunya adalah bangunan asrama Universitas A'quila dan 55 pelajar universitas tersebut tewas karenanya.
6. Aceh, Sumatera (Indonesia) 2004
Siapa yang tidak ingat pada gempa yang terjadi pada 26 Desember 2004 di Sumatera? Gempa yang berpusat di bawah laut dengan kekuatan 9,1 skala Richter mengguncang pantai barat pulau Sumatra, Indonesia dan getaran dari gempa tersebut mencapai India. Gempa yang mengakibatkan terjadinya tsunami dengan ketinggian 30 meter ini menenggelamkan mereka yang tinggal di pinggir pantai, dan lebih dari 230.000 orang meninggal karenanya. Gempa yang terjadi di Samudra Hindia ini merupakan bencana alam dengan jumlah korban terbanyak dalam sejarah.
7. Sichuan 2008
Gempa yang terjadi di Sichuan tahun 2008 yang lalu mengakibatkan setidaknya 68.000 orang meninggal. Gempa dengan pusat 80 kilometer di bagian barat laut Chengdu, memiliki kekuatan 7,9 skala Richter dan getarannya terasa hingga kota Beijing dan Shanghai. Gempa susulan yang terjadi juga semakin memperparah kerusakan yang terjadi hingga mengakibatkan kerugian hingga 75 juta dollar AS. Kerugian yang diakibatkan akibat gempa ini merupakan kerugian terbesar yang pernah dialami oleh pemerintah China akibat bencana alam.
 
Allohuakbar,,,,
Semoga Bermanfaat bagi Semuanya ................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar